Cara Install Dualboot Windows 7 dengan Ubuntu

Posted by


Salam hangat bagi para pembaca, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial cara install dualboot ubuntu dengan windows 7. Mungkin tutorial ini lewat untuk para mastah, dan mungkin juga akan sangat berguna sekali bagi pembaca yang sedang mencari tutorial instalasi dualboot ubuntu dengan windows 7 ini. Sebelum memulai tutorialnya, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Dualboot, Ubuntu, dan Windows 7. Saya yakin, hampir semua para pembaca disini mengetahui apa itu Dualboot, Ubuntu dan Windows 7. Dualboot yaitu sebuah kondisi dimana sebuah komputer atau PC dapat memuat 2 sistem operasi yang berbeda, sistem operasi tersebut dapat berupa Ubuntu, Windows 7, Windows 8, Debian, Kali Linux, ataupun OS yang lain. Pada kondisi ini, komputer atau PC dapat menampilkan pilihan sistem operasi apa yang harus dipilih ketika boot sedang berlangsung, biasanya melalui GRUB Linux, ataupun Master Boot Record milik Windows.

Selanjutnya, apa itu Ubuntu dan Windows 7? Saya sangat yakin sekali, 100% para pembaca sudah mengetahui dan tidak usah dijelaskan. Keduanya merupakan jenis sistem operasi seperti yang kita gunakan sehari-hari. Biasanya Windows-lah yang lebih menguasai user, khususnya user yang berada di Indonesia. Akan tetapi, dari waktu ke waktu pengguna Ubuntu atau Linux juga semakin meningkat, pasalnya banyak sekali pengguna Open Source yang mulai menjamur di Indonesia. Muncul berbagai komunitas-komunitas opern source seperti Ubuntu Indonesia, Linux Mint Indonesia, Indonesian Backtrack, dan masih banyak lagi.

Jangan menganggap bahwa Open Source kalah dengan Closed Source sepert Windows, memang pada kenyataannya Windows lebih stabil daripada beberapa jenis OS seperti Linux, namun perbedaannya tidak jauh banyak. Menurut saya, saya lebih menyukai Linux daripada Windows, karena beberapa aplikasi Development yang sering saya gunakan seperti Android Studio di Linux Mint (varian Ubuntu), lebih stabil dan lebih ringan daripada Android Studio yang saya jalankan pada Windows.

Diatas adalah beberapa alasan mengapa saya lebih memilih Linux daripada Windows. Lalu, seperti apa tutorial cara install dualboot Ubuntu dengan Windows 7? Tutorialnya akan saya berikan melalui file berbentuk pdf yang siap untuk didownload dan siap untuk Anda praktikkan. Saya lampirkan dalam berbentuk PDF karena tutorialnya yang lumayan panjang sehingga perlu untuk diringkas dalam sebuah file.

Untuk mendownload file Tutorial Cara Install Dualboot Ubuntu dengan Windows 7, Anda dapat medownloadnya pada tautan berikut ini :

Download

Seminar Nasional Sistem Informasi : http://sesindo.org
Information Systems International Conference : http://isico.info
Sistem Informasi ITS 2014 : http://is.its.ac.id
Institut Teknologi Spuluh Nopember : http://its.ac.id


Jangan Lupa Follow Ya! dan Dapatkan Update dari Blog ini! :)

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10.25

0 komentar:

Posting Komentar